Cara Memulai Usaha Konveksi Kaos Rumahan Yang Tepat

Zaman sekarang ini, hampir semua orang memiliki usaha sendiri. Karena berpatokan pada satu pekerjaan tentunya kurang mencukupi kebutuhan. Terlebih jika termasuk kategori orang yang memiliki gaya hidup mewah. Usaha-usaha yang dimiliki diantaranya adalah usaha waralaba, start up, dan masih banyak lainnya. Salah satu jenis usaha yang sampai sekarang ini berdiri kokoh dan cukup diminati banyak orang adalah usaha konveksi. Tentunya anda tidak asing dengan yang namanya konveksi bukan? Konveksi sendiri adalah salah satu tempat pembuatan berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu produk konveksi yang bisa dibuat adalah baju. Karena baju dibutuhkan oleh setiap orang, tidak mengherankan jika ada banyak usaha konveksi pembuatan baju sekarang. Baik di kota besar atau kota kecil sekalipun.

10 Cara Memulai Usaha Konveksi Rumahan Menguntungkan

Setiap usaha apa pun, pastinya dimulai dengan mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu. Pertimbangan-pertimbangan ini dimaksudkan supaya usaha tersebut bisa berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan besar. Pastinya tidak ada usaha yang ingin bangkrut ketika sudah memulai semuanya dengan mempertaruhkan banyak hal bukan? Termasuk dalam memulai usaha konveksi baju ini pun juga harus mempertimbangkan banyak hal.

Berikut ini ada beberapa cara untuk memulai usaha konveksi kaos yang menguntungkan dan tepat.

  1. Mengoptimalkan ruang yang tidak dipakai

Sesuai dengan namanya, usaha konveksi rumahan ini tidak harus memakai lahan luas atau ruangan yang luas. Anda sebagai pemilik bisnis bisa memulainya dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan sebaik mungkin ruangan yang ada. Misalnya dengan mengoptimalkan garasi rumah yang tidak terpakai. Garasi rumah yang tidak terpakai ini bisa disulap menjadi temapt untuk menjahit produk kaos dan baju lainnya sesuai permintaan konsumen.

  1. Mempersiapkan modal awal

Setiap usaha, termasuk usaha konveksi baju tentunya membutuhkan modal awal. Modal ini digunakan untuk membeli mesin jahit, mesin potong listrik, benang jahit, gunting, membayar jasa, dan mempersiapkan kebutuhan lainnya. Dalam mempersiapkan modal ini tentunya harus tepat, karena modal awal ini akan memengaruhi usaha masa depan. Jangan lupakan untuk mempersiapkan dana bantuan untuk kebutuhan mendesak. Karena terkadang semua hal yang direncanakan bisa diluar dugaan dan membutuhkan dana lebih besar.

  1. Menawarkan kerja sama

Dengan menawarkan jasa ini memungkinkan usaha konveksi tetap berdiri dan semakin berkembang. Anda bisa menawarkan kerja sama dengan pabrik besar. Terkadang ada beberapa pabrik pakaian yang kewalahan menangani permintaan pesanan dari konsumen. Dan pabrik-pabrik ini tentunya membutuhkan bantuan lain dari konveksi-konveksi kecil lain untuk membantu proses produksi. Tawarkan jasa pemotongan atau menjahit kepada pabrik-pabrik besar tersebut.

  1. Memilih jenis bahan berkualitas

Jika usaha konveksi kaos yang anda bangun ingin dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan banyak keuntungan. Maka jangan ragu untuk memilih jenis bahan pembuatan pakaian yang berkualitas. Mulailah dengan memilih jenis bahan kain terbaik, misalnya seperti bahan cotton combed. Namun anda juga bisa membeli bahan kain dengan menyesuaikan permintaan dari klien. Kemudian dari segi jenis benang yang digunakan untuk menjahit pun pastikan berkualitas juga.

  1. Mempertimbangkan harga jasa

Tips selanjutnya adalah mempertimbangkan harga jasa dari usaha konveksi rumahan yang akan dijalankan. Ada banyak konveksi baru yang lemah dalam menentukan harga jasa ini. Kebanyakan mendewakan ‘harga teman’ dibandingkan dengan usaha dalam produksi. Untuk awal-awal mungkin memang tidak menjadi masalah, karena harga teman ini akan mengundang banyak orang melakukan pemesanan. Namun jika konveksi tersebut sudah maju dan berkembang, maka harus mempertimbangkan ‘harga teman’ itu lagi. Banyak konveksi yang menggunakan ‘harga teman’ dan berakhir dengan kebangkrutan. Tentunya konveksi yang sedang anda coba rintis tentu tidak ingin mengalami kebangkrutan bukan?

  1. Menawarkan produk jadi

Fokus pada satu produk tidak selamanya akan menguntungkan. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika usaha konveksi yang anda tekuni ini juga menawarkan produk jadi. Misalnya menawarkan produk kaos polos jadi. Kaos polos menjadi salah satu produk yang diketahui banyak dipesan oleh konsumen dalam jumlah banyak. Anda bisa membuat berbagai variasi kaos polos sesuai permintaan pasar, tentunya dengan melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya memproduksi kaos polos oblong dengan berbagai macam ukuran. Hal ini menjadi salah satu upaya yang baik untuk dilakukan ketika permintaan pembuatan baju sedang turun.

  1. Menambahkan aplikasi cetak desain

Selanjutnya anda juga bisa menambahkan aplikasi cetak desain, bisa berupa bordir atau sablon. Saat ini, sablon menjadi aplikasi cetak desain yang diminati oleh banyak orang. Nah, anda bisa memasukkan aplikasi cetak desain ini ke dalam menu jasa usaha konveksi kaos yang sedang dirintis. Anda bisa menggunakan teknik manual atau teknik sablon digital. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang datang untuk melakukan pemesanan baju ditempat usaha anda tentunya.

  1. Membuka usaha turunan

Selain itu anda juga bisa menambahkan produk turunan untuk membuat usaha konveksi baju semakin dikenal banyak orang. Misalnya dengan membuat produk topi atau goodie bag yang permintaannya cukup besar sekarang ini. Dengan begitu konsumen yang akan memesan produk topi atau goodie bag tidak perlu pindah lokasi konveksi lagi. Karena konveksi anda sudah bisa menerima kedua pembuatan produk tersebut.

  1. Memastikan strategi pemasaran

Agar usaha konveksi rumahan bisa dikenal oleh banyak orang dan mendatangkan keuntungan yang banyak. Maka diperlukan strategi pemasaran yang baik. Dimana strategi pemasaran ini sebelumnya sudah disusun dengan matang dan rapi demi kesuksesan usaha tersebut. Jika awalnya strategi pemasaran hanya lewat media cetak, maka sekarang ini pemasaran sudah bisa lewat internet atau media social. Anda bisa memanfaatkan website sebagai media informasi untuk orang lain yang sedang mencari konveksi. Dalam website ini tentunya diberikan konten up to date supaya lebih hidup. Juga tidak lupa dengan mencantumkan nama konveksi, alamat lengkap, contact person, dan lainnya. Sehingga konsumen bisa menemukan lokasi konveksi dengan lebih mudah tentunya.

  1. Menawarkan promosi

Jika strategi pemasaran sudah tepat, maka tidak ada salahnya untuk membuat penawaran promosi usaha konveksi. Tetapi dalam membuat penawaran promosi ini harus membuat pertimbangan terlebih dahulu. Pastikan penawaran yang diberikan kepada konsumen ini tidak terlalu mencolok. Misalnya ingin memberikan penawaran harga produksi, maka bisa dengan memberikan potongan diskon apabila memesan dengan jumlah 1000pcs. Juga tawarkan garansi hasil produksi kepada setiap konsumen, karena garansi menjadi jaminan agar konsumen tetap merasa aman selama pemesanan.

Nah itulah beberapa tips ampuh dalam menjalankan usaha konveksi rumahan yang perlu diketahui. Dengan beberapa tips diatas, maka anda tidak akan lagi kesulitan untuk membuka bisnis konveksi yang menguntungkan dan tepat sasaran. Pastikan juga untuk membuat pertimbangan-pertimbangan lainnya supaya konveksi yang sedang dirintis semakin berkembang dan dikenal banyak orang.

 

Usaha Konveksi Kaos Harga Murah

 SMLXLXXLXXXL
A707274768084
B505254566064
C182022242628
D586062646668

GALERI FOTO PRODUKSI DAN PABRIK KAMI

kunjungi lokasi pabrik kami untuk survey

Jl. Sindangsari No.168, Cipadung Kulon, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Customer Service 1 : 081222557444

Customer Service 1 : 082117825049

No telpon kantor : (022) 63739962

Jam Kerja :

Senin – Jumat : 08.00 – 16.00

Sabtu : 08.00 – 12.00

Minggu dan Tanggal Merah Libur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *