Sejarah Bahan Katun Material Pembuatan Pakaian Atau Baju

Cari informasi sejarah bahan katun sebagai salah satu bahan baku pembuatan pakaian yang paling banyak dipilih oleh konsumen dan para produsen di pasaran!

Informasi mengenai sejarah bahan katun tentunya banyak sekali dicari oleh hampir semua individu.  Baik konsumen atau produsen pasti tidak asing dengan kain katun.  Katun adalah satu salah satu jenis kain pembuatan pakaian atau baju yang paling banyak disukai dan digunakan karena banyak keunggulannya.  Kain katun terbuat atau berasal dari tanaman kapas yang memiliki serbuk sari yang akan dipanen.  Bahan baku kapas dari tanaman kapas ini selanjutnya dibuat bola-bola kapas yang akan dikelola menjadi benang.  Setelah kapas dipintal menjadi benang katun selanjutnya diproses menjadi kain dan dijadikan berbagai macam jenis pakaian.  Jika melihat dari sejarah bahan katun yang terbuat dari bahan baku alam tentunya bahan ini pasti nyaman dipakai.  Karena sifat dari kapas mudah sekali menyerap cairan, halus, lembut sehingga pakaian dari bahan katun nyaman dikenakan.  Bahan katun banyak dipakai untuk pembuatan banyak model sandangan.  Mulai dari kemeja, kaos, jas, celana, rok, gamis dan masih banyak lagi model lainnya yang terbuat dari bahan katun.  Bahkan untuk masyarakat Indonesia yang memiliki negara iklim tropis banyak memilih pakaian berbahan katun.  Karena kain atau bahan katun cocok dipakai pada segala macam kondisi cuaca ataupun iklim.

Proses Pengolahan Dari Sejarah Bahan Katun Dalam Pembuatan Pakaian

Bahan katun yang terbilang sangat populer jika dilihat dari awal mula sejarah bahan katun dipakai untuk pembuatan sandang.  Memang banyak sekali dipakai untuk pembuatan baju.  Untuk itu agar anda pahan proses pembuatan kain katun, sebaiknya tahu proses pengolahan kain katun yang memiliki jenis banyak sekali.  Adapun tahapan proses pengelolaan bahan katun sebagai berikut:

  1. Berasal Dari Tanaman Atau Pohon Kapas

Sejarah bahan katun berasal dari tanaman atau pohon kapas.  Tanaman atau pohon kapas yang cukup tinggi ini memiliki buah kapas yang dipanen jika sudah cukup usia buahnya.  Dari sinilah proses awal terbentuknya kain katun yang berasal dari kapas.

  1. Bagian Serbuk Sari Pada Buah Kapas Dikumpulkan

Proses selanjutnya sejarah bahan katun adalah mengumpulkan serbuk sari pada tanaman kapas.  Dari serbuk sari yang berhasil dikumpulkan ini nantinya akan menghasilkan kain katun.  Untuk pembuatan tahan pembuatan kain katun selanjutnya.

  1. Serbuk Sari Kapas Diolah Menjadi Bola-Bola Kapas

Hasil serbuk sari yang sudah dikumpulkan tadi selanjutnya diolah menjadi bola kapas.  Proses ini menggunakan cara menggulung hingga berbentuk bola-bola kapas.  Selanjutnya bola kapas ini nanti dilakukan proses pembuatan benang kain katun.

  1. Bola Kapas Selanjutnya Ditenun Menjadi Benang

Gulungan bahan kapas yang menjadi bola-bola selanjutnya ditenun menggunakan mesin khusus.  Proses pembuatan bola kapas menjadi benang kain katun ini sebut dengan tenun.  Hasil dari tenunan serat kapas akan menghasilkan benang katun untuk pembuatan berbagai model pakaian.

  1. Benang Katun Dijahit Atau Diproses Menjadi Berbagai Model Pakaian

Hasil dari tenunan bola kapas yang menjadi benang selanjutnya diproses menjadi kain.  Rajutan benang kapas ini nantinya akan menghasilkan kain katun sebagai bahan baku pembuatan pakaian.  Mulai dari pembuatan baju, celana, dan juga model pakaian lainnya yang bisa anda pilih.

 

Tidak hanya tahap proses pengolahan sejarah bahan katun yang perlu anda ketahui.  Namun anda juga harus tahu perawatan pakaian yang terbuat dari bahan katun sebagai berikut:

  1. Cucilah Pakaian Bahan Katun Dengan Tangan

Baju atau pakaian yang terbuat dari bahan katun sebaiknya anda cuci dengan menggunakan tangan.  Mencuci baju dengan bahan katun menggunakan mesin cuci membuat baju mudah rusak dan warna pakaian lebih cepat pudar.

  1. Sebaiknya Memakai Detergen Yang Tepat Untuk Bahan Katun

Tidak hanya menggunakan tangan pada saat mencuci pakaian berbahan katun anda juga harus tepat menggunakan detergen.  Penggunaan detergen yang tepat untuk bahan katun agar tidak mudah merusak kondisi pakaian yang akan dicuci.  Ada banyak jenis detergen yang pas untuk pakaian terbuat dari bahan katun.

  1. Keringkan Dan Jemur Pakaian Bahan Katun Dengan Cahaya Matahari

Terakhir dalam merawat pakaian berbahan dasar katun anda sebaiknya mengeringkan atau menjemur pakaian dengan bantuan sinar matahari.  Hindari mengeringkan pakaian dengan menggunakan mesin pengering karena bisa membuat pakaian cepat rusak dan warna pudar.  Dalam menjemur sandangan yang terbuat dari bahan katun pun jangan langsung dibawah sinar matahari.  Sebaiknya mencari tempat jemur pakaian yang agak teduh agar pakaian juga cepat kering dibantu dengan hembusan angin.

 

Informasi lain yang perlu anda ketahui jika melihat sejarah bahan katun adalah jenis bahan katun.  Sebagai bahan baku pembuatan pakaian yang cukup favorit kini jenis bahan katun tersedia cukup banyak macamnya.  Berikut informasinya”

  1. Katun Rayon

Perkembangan dari sejarah bahan katun sebagai bahan dasar pembuatan pakaian terdapat jenis bahan katun rayon.  Jenis katun rayon ini memiliki karakter tekstur agar sedikit kasar, ukuran ketebalan tipis dari bahan katun biasa.  Kain katun rayon banyak dipakai untuk pembuatan kemeja atau blouse perempuan yang pastinya bagus menyerap keringat.

  1. Katun Silk Sutra

Pilihan jenis kain katun lainnya ada kain silk sutra.  Jenis kain silk sutra ini terbuat dari ulat sutra dicampur dengan kain katun.  Ciri dari bahan katun silk sutra ini licin khas sutra dan licin.  Selain itu permukaan kain katun silk sutra pasti halus dan kuat serta berkilau yang pasti nyaman digunakan.

  1. Katun Jepang

Selanjutnya bahan katun unggulan lainnya ada kain katun jepang.  Kain katun Jepang ini berasal dari negara Jepang dengan kualitas terbaik.  Ciri dari kain katun jepang pasti adem dan dingin dipakai, tekstur bahannya sangat lembut, dan warnanya pun cerah dan kuat.

  1. Katun Twill/Cina

Pilihan selanjutnya kain katun ada katun twill atau katun cina sering disebut oleh para produsen kain.  Kain twill ini hampir mirip dengan katun jepang namun dengan kualitas di bawahnya.  Katun twill lebih tipis dari katun jepang, warnanya pun kurang cerah dengan permukaan agak kasar.

  1. Katun Paris

Tidak hanya itu saja ada pilihan lain kain katun yakni katun paris.  Jenis katun paris ini mirip dengan katun biasa dengan ciri bahan yang tipis dan permukaannya agak kasar.  Kain katun paris bisanya banyak dipakai untuk pembuatan blouse wanita dan juga kerudung dengan harga terjangkau.

  1. Katun Biasa Dll

Dan pilihan bahan katun yang pasti mudah anda temui di pasaran ada kain katun biasa.  Katun biasa ini memiliki grade kualitas dibawah kain katun unggulan dengan harga yang memang sangat murah.  Ciri dari katun biasa permukaan agak kasar namun mudah menyerap keringat, harga murah dengan banyak pilihan warna.

 

Sebenarnya masih banyak lagi pilihan bahan katun yang bisa anda pilih dimana mulai dari kualitas paling bagus hingga kualitas paling biasa.  Demikianlah penjelasan mengenai sejarah bahan katun yang menjadi bahan baku utama pembuatan pakaian berbagai macam model.  Semoga informasi sejarah terkait kain katun diatas bermanfaat!

 

Bikin Kaos Bahan Katun Harga Murah

 SMLXLXXLXXXL
A707274768084
B505254566064
C182022242628
D586062646668

GALERI FOTO PRODUKSI DAN PABRIK KAMI

kunjungi lokasi pabrik kami untuk survey

Jl. Sindangsari No.168, Cipadung Kulon, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Customer Service 1 : 081222557444

Customer Service 1 : 082117825049

No telpon kantor : (022) 63739962

Jam Kerja :

Senin – Jumat : 08.00 – 16.00

Sabtu : 08.00 – 12.00

Minggu dan Tanggal Merah Libur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *