Proses Bikin Kaos Dari Pemilihan Bahan Sampai Jadi

Aktivitas sehari-hari yang padat dan mengeluarkan banyak keringat membuat banyak orang lebih memilih memakai kaos ketimbang pakaian lainnya. Pemilihan kaos sebagai salah satu pakaian sehari-hari pun sebenarnya juga bukan tanpa alasan. Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih suka mengenakan kaos dibandingkan dengan pakaian lain adalah karena tampilannya yang simpel. Yang mana kaos ini tidak memiliki banyak tambahan aksesori yang membuat kesan ramai. Biasanya bikin kaos murah bisa dibuat dengan lengan pendek atau lengan panjang. Dengan begitu setiap orang bisa memilih sendiri kaos berlengan seperti apa untuk dikenakan. Dan karena kaos memiliki tampilan yang simpel, membuatnya bisa dengan mudah dipadukan dengan item fashion lainnya. Misalnya dipadukan dengan jaket, kemeja atau blazer. Bahkan kaos juga bisa dipadukan dengan celana bahan se-lutut dan topi snapback. Sudah pasti tampilan seseorang menjadi lebih menarik dan membuat mereka lebih percaya diri. Kemudahan dalam memadukan dengan pakaian lain inilah yang membuat kaos sangat digemari oleh siapa saja. Baik itu anak-anak, remaja sampai orang dewasa. Kaum wanita dan pria pun banyak yang memakai kaos di setiap kesempatan.

8 Proses Bikin Kaos Online Sampai Jadi

Kaos sendiri nyatanya tidak hanya bisa dikenakan ketika melakukan aktivitas sehari-hari saja. Tetapi juga bisa dikenakan untuk keperluan yang lainnya. Diantaranya sebagai media mempromosikan produk atau jasa, seragam komunitas, atribut kampanye partai dan masih banyak lainnya. Sehingga tidak mengherankan jika konsumen bisa bikin kaos dengan jumlah banyak. Kaos sendiri bisa dibuat oleh tempat pembuatan kaos skala rumahan sampai skala pabrik. Karena memang permintaan akan kaos yang semakin meningkat membuat banyak usaha pembuatan koas terus bermunculan. Terlebih lagi usaha pembuatan kaos juga menjadi salah satu usaha yang menguntungkan untuk ditekuni. Tidak heran jika ada banyak usaha pembuatan kaos tersebar di kota besar dan kota kecil. Dalam pembuatan kaos ini pun memiliki banyak proses. Sehingga hanya tempat pembuatan yang benar-benar berpengalaman saja yang bisa menghasilkan produk kaos terbaik dan sesuai permintaan konsumen.

Berikut ini beberapa proses bikin kaos murah dari awal pemilihan bahan kain sampai siap dikirimkan.

  1. Memilih bahan kain

Proses bikin kaos online yang pertama adalah pemilihan bahan kain. Untuk membuat kaos sendiri bisa memanfaatkan berbagai jenis bahan kain. Seperti bahan cotton combed, polyester, viscose, hyget, dan bahan kain lainnya. Akan tetapi pemilihan bahan kain yang akan digunakan untuk membuat kaos ini tentunya ditentukan sendiri oleh konsumen. Pihak tempat pembuatan kaos hanya memberikan pemilihan jenis bahan kain. Pemilihan bahan kain untuk produksi kaos yang dilakukan oleh konsumen ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Membuat desain

Hal selanjutnya dalam proses bikin kaos adalah pembuatan desain. Perlu diketahui bahwa adanya desain membuat tampilan sebuah kaos menjadi lebih menarik dan memiliki daya tarik tersendiri. Oleh sebab itulah konsumen yang membuat kaos akan berusaha keras untuk membuat desain terbaik dan berbeda. Terutama dalam pembuatan desain untuk kaos distro. Dalam pembuatan desain ini bisa dilakukan oleh konsumen sendiri. Akan tetapi jika konsumen tidak bisa membuat desain sendiri, maka biasanya akan meminta bantuan kepada tim desain tempat pembuatan kaos.

  1. Menentukan model dan ukuran

Kemudian proses bikin kaos murah yang selanjutnya adalah menentukan model dan ukuran. Dalam menentukan ukuran dan model kaos yang akan dibuat tentunya disesuaikan dengan permintaan konsumen. Sebelumnya perlu diketahui bahwa kaos bisa dibuat menjadi beberapa jenis. Seperti kaos oblong, kaos polo dan kaos raglan. Sedangkan untuk ukuran kaos sendiri memiliki ukuran standar seperti S, M, L, dan XL. Selain itu konsumen juga bisa mendapatkan ukuran all size jika memesan dengan jumlah banyak. Juga ada ukuran melebihi standar yang bisa dipesan oleh konsumen sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

  1. Memotong bahan kain

Jika proses bikin kaos online diatas sudah dipenuhi dengan baik. Maka saatnya memotong bahan kain sesuai pola pesanan konsumen. Dalam pemotongan bahan kain ini pihak tempat pembuatan kaos dibantu oleh mesin potong listrik. Mesin potong listrik ini memiliki mata pisau melingkar yang membuat proses pemotongan bahan kain kaos menjadi lebih cepat. Selain itu mesin potong listrik ini pun bisa memotong bahan kian yang tebal juga.

  1. Mencetak desain

Apabila proses memotong bahan bikin kaos sudah selesai, maka beralih ke tahap selanjutnya yakni mencetak desain. Umumnya konsumen yang memesan kaos lebih memilih menggunakan aplikasi cetak desain sablon. Hal ini karena harganya lebih terjangkau dan dari segi hasil pun sangat menarik. Namun ada juga konsumen yang memesan kaos dengan cetak desain bordir. Biasanya kaos bordir ini dipakai untuk kebutuhan yang sedikit lebih formal. Pemilihan aplikasi cetak desain ini pun tentunya disesuaikan dengan permintaan konsumen.

  1. Menjahit pola kaos

Setelah mencetak desain selesai dikerjakan, maka proses bikin kaos murah yang selanjutnya adalah menjahit pola-pola kaos menjadi kaos jadi. Dalam proses menjahit kaos ini tentunya dikerjakan oleh bagian ahli dan berpengalaman. Dalam proses menjahit ini biasanya memerlukan beberapa mesin jahit untuk mendapatkan jahitan yang berbeda-beda. Diantaranya adalah menjahit obras dengan menggunakan mesin obras, menjahit rantai dengan mesin jahit rantai, dan masih banyak lainnya. Jika konsumen ingin menjahit ditempat lain pun sebenarnya juga bisa. Namun pastikan untuk memilih tukang jahit yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

  1. Finishing

Pada proses bikin kaos online ini dilakukan beberapa tahapan. Dimulai dari pembersihan dari sisa-sisa benang jahit dan menyetrika agar lebih rapi. Tidak juga disemprot parfum agar lebih wangi dan siap dipakai. Selain itu juga dilakukan tahap Quality Unit Control. Yang mana hal ini dilakukan untuk memisahkan antara kaos berkualitas dan tidak. Sehingga konsumen yang melakukan pemesanan hanya benar-benar mendapatkan hasil kaos terbaik dan sesuai kebutuhan tentunya. Oleh sebab itulah pihak tempat pembuatan harus benar-benar tepat dalam proses finishing ini.

  1. Packaging

Dan proses bikin kaos murah yang terakhir adalah pengemasan atau packaging. Dalam pengemasan ini pihak tempat pembuatan kaos bisa memanfaatkan beberapa jenis kemasan. Akan tetapi kemasan plastik bening menjadi pilihan utama. Hal ini dikarenakan plastik bening lebih ekonomis dan praktis. Setelah proses pengemasan, nantinya akan disusun berdasarkan model dan ukuran. Dengan begitu akan lebih memudahkan untuk dikirim. Apabila proses pengemasan sudah selesai, maka tinggal dikirimkan ke alamat penerima. Atau konsumen datang langsung ke lokasi untuk mengambil pesanan kaos yang sudah jadi.

Nah itulah proses bikin kaos dari pemilihan bahan kain sampai jadi. Dan hanya tempat pembuatan kaos yang berpengalaman dan terpercaya yang bisa menghasilkan kaos terbaik sesuai kebutuhan. Oleh sebab itulah pastikan untuk memilih temapt pembuatan kaos yang berpengalaman.

 

Pabrik Pembuatan Kaos Harga Murah

[table id=SKAOS /]

GALERI FOTO PRODUKSI DAN PABRIK KAMI

kunjungi lokasi pabrik kami untuk survey

Jl. Sindangsari No.168, Cipadung Kulon, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Customer Service 1 : 081222557444

Customer Service 1 : 082117825049

No telpon kantor : (022) 63739962

Jam Kerja :

Senin – Jumat : 08.00 – 16.00

Sabtu : 08.00 – 12.00

Minggu dan Tanggal Merah Libur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *